Bikin Ghost Theme untuk ihavemind dan calon blog istri.

Start copying what you love. Copy copy copy copy. At the end of the copy you will find your self.

Ade Yahya Prasetyo

By Ade Yahya Prasetyo

Salah satu alasan saya memilih Ghost menjadi blogging platform ketimbang Medium/Wordpress adalah karena bisa full custom, markdown editor, dan Node.js. Namun point yang paling beratnya adalah full custom karena saya orangnya memang rewel sama urusan design, selalu pengen ngutak - atik tampilan dan gatel ketika ngelihat blog lain designnya bagus, pengen segera nyomot.

Kebetulan, hari ini saya bangun pagi dan sengaja memanfaatkan moment sakral ini untuk melakukan hal yang produktif, bikin ghost theme!

Well, kenapa bikin sendiri karena memang sebelumnya udah lihat - lihat dan nyobain beberapa theme dari marketplace dan rasanya belum nemu yang cocok.

Steal Like An Artist

Karena memang tidak ada ide yang orisinal, jadi saya harus merangkai ide baru dengan mencuri dan mengkombinasikan ide - ide orang lain. Beberapa design blog yang saya konsumsi sebelum mengerjakan theme ini adalah.

Google Blog

google blog design Official Google Blog https://blog.google

Saya suka motion dan typography dari blog ini, designnya clean dan cleannya bikin nyaman gimana gitu kalo lagi visit, wajar lah ya gak ada iklannya :D

The New York Times

nytimes cover The New York Times: When an Iowa Family Doctor Takes On the Opioid Epidemic

Post cover niru ini, cuman saya tidak memakan height 100vh melainkan hanya 95vh. kalo nytimes ini typography-nya juga keren banget, wajar premium haha, sambil jalan mungkin ada free font kaya mereka bakal langsung saya terapin.

Post detail juga niru artikel ini, paragraph width pake 600px dan image max width jadi 100%, karena entah kenapa saya kurang nyaman baca artikel yang paragraph widthnya terlalu lebar dan karena theme ini juga akan dipakai istri buat ngeblog review kosmetik - kosmetik gitu, jadi bakal bagus sepertinya. Seakan - akan fotonya premium.

Conc.

So, theme ini baru versi 0.0.1. Baru kemaren dibikin dan langsung dipake juga dihari yang sama, yang ke-cover cuman index.hbs sama post.hbs doang, masih banyak PRnya, tapi mayan udah bisa dipublish dan cukup puas.

masih belum ada comment box, pengennya sih minta saran soal comment box enaknya pake facebook atau disquss tapi minta sarannya dari mana yak kan comment postnya belum ada haha.

yaudah gitu aja, thanks ya udah baca.