/ life

Manusia Pagi

Katanya, satu hal yang hampir dimiliki setiap orang sukses adalah kebiasaan bangun pagi.

Ade Yahya Prasetyo

By Ade Yahya Prasetyo

Pagi hari adalah waktu yang paling sempurna untuk memberi waktu pada diri kita sendiri untuk berfikir lebih jernih, merencakan sesuatu lebih matang sebelum the buzz of the day dimulai. Sebelum istri nyuruh buang sampah, sebelum deadline meraung - raung mempertanyakan nasib.

Pagi hari adalah "Me Time / You Time" waktu dimana kita bisa memikirkan hal - hal yang akan dilakukan pada hari itu, memprioritaskan sesuatu sebelum waktu kita direnggut oleh istri, anak, atau manager (:D).

Tentu bangun pagi bukanlah hal yang mudah apalagi dizaman saat seperti ini dimana banyak sekali hal yang dapat menghipnotis kita untuk begadang seperti instagram, shopee, SaleStock :D, Dota 2. tapi justru karena itulah siapa yang memiliki habits ini akan cenderung menjadi manusia yang lebih sukses dibanding yang lain.

Tim Cook morning person Screenshot dari Business Insider: 24 successful people who wake up really (really) early

Berikut adalah contoh orang-orang super sukses yang ber-genre manusia pagi Successful People who wake up ealy

  • Virgin Founder Richard Branson bangun setiap 5:45am, menggunakan setiap paginya untuk olahraga dan sarapan sebelum mulai bekerja.
  • First Lady Michelle Obama bangun setiap 4:30am untuk olahraga sebelum anaknya pada bangun dan mencabik-cabik waktunya.
  • Starbucks CEO Howard Schultz bangun setiap 4:30am untuk olahraga dan (seringnya bersepeda bersama istrinya) dan menyeruput kopi sebelum menjalani harinya.
  • Disney CEO Bob Iger bangun setiap 4:30am dan menggunakan paginya yang berharga untuk membaca berita, olahraga, mendengarkan musik, mengerjakan email bahkan menonton TV.
  • Vogue Editor-In-Chief Anna Wintour bangun setiap 5:45am untuk bermain tennis selama sejam sebelum pekerjaan menuntut waktunya.
  • GE CEO Jeff Immelt bangun setiap 5:30am untuk melakukan cardio sambil membaca koran berita dan menonton CNBC.

Notice tentang apa yang hampir selalu ada di setiap pagi orang-orang diatas? yap, olahraga adalah ritual yang paling sakral bagi orang-orang super sukses diatas.

Sebuah study mengatakan bahwa olahraga selama 20+ menit dapat meningkatkan mental dan kestabilan emosi untuk 12 jam kedepan! Artinya orang-orang hebat itu enggak gampang pusing, lebih efektif, dan lebih produktif saat bekerja setelah melakukan olahraga dipagi hari.

Sebagai muslim, kita memang diwajibkan untuk bangun pagi untuk sholat subuh, dan sholat sendiri adalah olahraga bagi kita. juga ada sholat dhuha yang dikatakan dapat menambah rezeki, sekarang masuk akal kenapa sholat dhuha dapat menambah rezeki, karena otomatis kita dianjurkan olahraga dipagi hari yang artinya agama Islam menambah rezeki kita dengan olahraga -> mental meningkat dan emosi lebih stabil -> jadi orang lebih produktif -> karir lebih baik -> rejeki bentuk materi.

Btw, saya bukan manusia pagi, tulisan ini sengaja saya tulis untuk memotivasi diri saya sendiri untuk mulai menjadi manusia pagi :)