Nanas Brucke Hi! Salam kenal, panggil aku Nanas Brucke. Aku aktif menulis di situs I Have Mind.

Cara Marketing Organic di TikTok dengan Konten FYP

4 min read

Cara Marketing Organic di TikTok

Saat ini, TikTok merupakan platform media sosial terpopuler di kalangan anak muda, terutama gen-Z. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat akan lebih banyak menghabiskan waktunya di media sosial seperti TikTok untuk mencari hiburan dan mengekspresikan diri.

Hal ini lantas membuat TikTok dibanjiri pengguna. Dilansir dari laman Oberlo, platform berbagi video singkat ini bahkan sudah memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif di dunia terlepas dari usianya yang masih terbilang muda. Jumlah orang yang mencari cara download video TikTok untuk kemudian disimpan dibagikan ulang ke akun media sosial lain juga terus meningkat.

Dengan semakin banyaknya pengguna dan video-video atau tren viral bermunculan, TikTok bisa menjadi salah satu kanal digital marketing yang patut dicoba demi mendapatkan lebih banyak cuan untuk bisnis kamu. Salah satu mendapatkan traffic organic di TikTok adalah dengan cara masuk FYP dan menjadi viral. Akan tetapi, cara masuk FYP dan viral di TikTok itu tidak sembarangan dan tidak semua orang mengetahuinya.

Beruntungnya, kamu membaca artikel ini, karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat konten TikTok supaya masuk FYP dan viral untuk kepentingan marketing secara organik. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Fokus Pada Satu Tema Konten yang Spesifik

Membuat Konten TikTok yang Spesifik Agar Viral dan Masuk FYP

Layaknya YouTube dan Instagram, di TikTok, semakin spesifik akun atau profil kamu maka akan semakin loyal dan tertarget juga para pengikutmu. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan dan memutuskan terlebih dahulu jenis atau tema konten seperti apa yang akan kamu buat dan unggah ke TikTok.

Fokus ke satu tema tertentu yang berkaitan erat dengan bisnis kamu adalah langkah yang paling tepat sebagaimana saran dari laman Influencer MarketingHub. Sebagai contoh, akun TikTok Ubixlo (@ubixlo) membuat konten-konten tentang tutorial cara menggunakan layanan TikTok downloader mereka dan berhasil mengumpulkan lebih dari 1000 pengikut hanya dengan bermodalkan beberapa video saja.

2. Posting Video Setiap Hari Secara Konsisten

Memposting Video TikTok Secara Konsisten Agar Viral dan Masuk FYP

Kamu yang baru saja membuat akun TikTok tentunya memiliki konten yang masih sedikit atau malah tidak sama sekali. Nah mulailah untuk membuat dan memposting video sesuai dengan tema yang sudah kamu tentukan sebelumnya setiap hari secara konsisten.

Semakin sering kamu membuat dan mengunggah konten, maka akan semakin baik juga untuk akun TikTok kamu kedepannya. Mengapa begitu? Karena Grant Beene, seorang TikToker dengan lebih dari 1,3 juta pengguna mengungkapkan bahwa kita harus memposting video setiap hari meski belum menjangkau banyak orang.

Dia bahkan menegaskan bahwa tidak ada yang namanya terlalu banyak posting di TikTok. Seseorang yang memposting sehari tiga kali tentu akan tumbuh lebih cepat daripada mereka yang hanya memposting sehari sekali.

Namun, lakukan hal tersebut secara konsisten atau terus-menerus ya! Pasalnya, konsistensi adalah sebuah kunci di TikTok. Hal ini sendiri sudah diakui langsung oleh Alessandro, CEO The Influencer Marketing Factory.

Jadi, meskipun informasi mengenai algoritma TikTok masih belum begitu jelas, teruslah memposting video secara konsisten. Setidaknya, di TikTok kamu tidak akan dianggap spam karena mengunggah terlalu banyak konten seperti di Facebook.

3. Cari dan Ikuti Sebuah Tren

Mengikuti Tren TikTok Agar Masuk FYP dan Viral

Mengikuti sebuah tren yang sedang viral di TikTok bisa menjadi salah satu “jalan pintas” untuk masuk FYP dan juga memviralkan akun TikTok kamu sendiri. Masih ingat dengan tren membuat dalgona coffee beberapa waktu lalu? Dulu, tren ini sempat memenuhi beranda TikTok orang-orang dan pada akhirnya membuat mereka ikut mencobanya. Nah, kamu juga bisa mengikuti tren serupa yang sesuai dengan lini bisnis kamu.

Nick Uhas, seorang TikToker dengan lebih dari 7,4 juta pengguna mengatakan bahwa tidak ada salahnya mengikuti tren lalu kemudian membuat konten yang terinspirasi darinya, sebagaimana yang dilansir dari laman The Tab.

Bingung bagaimana caranya menemukan apa yang sedang trending di TikTok? Gampang! Buka saja akun TikTok kamu dan lihat di tab “Discover”. Atau kamu juga bisa mencari idenya melalui hashtag yang sedang populer.

4. Tambahkan Hashtag di Video TikTok Kamu

Menambahkan Hashtag di Video TikTok Agar Masuk FYP dan Viral

Sempat disinggung pada poin sebelumnya, cara FYP dan viral di TikTok berikutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan hashtag. Hashtag atau tagar memiliki peran yang cukup krusial dalam membantu kamu menjangkau banyak orang. Sama seperti di Instagram, orang-orang juga bisa menemukan konten kamu melalui hashtag.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk menambahkan hashtag di setiap video yang kamu unggah di TikTok. Tambahkanlah hashtag yang sedang populer atau viral, kamu juga bisa menambahkan beberapa hashtag yang sesuai dengan konten video tersebut.

Beberapa orang malah beranggapan bahwa kamu harus menggunakan hashtag #foryourpage, #foryou, atau #fyp agar video tersebut bisa masuk ke dalam laman FYP orang. Kendati demikian, masih belum ada data dan fakta yang kuat untuk membuktikan keefektifan cara ini. Tetapi, kebanyakan video yang ada di FYP TikTok nyatanya memang banyak yang menggunakan hashtag ini.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk ikut menggunakan hashtag #fyp juga? Tidak ada salahnya mencoba!

5. Gunakan Musik yang Sedang Viral

Menggunakan Lagu TikTok yang Populer Agar Masuk FYP dan Viral

Kemudian cara FYP dan viral di TikTok selanjutnya adalah dengan menggunakan musik yang sedang viral juga. Ya, ini memang terdengar masuk akal. Dengan menggunakan latar belakang audio yang sedang tren, maka besar kemungkinan algoritma TikTok memasukkan video kamu ke halaman FYP orang-orang yang juga senang mendengarkan musik tersebut.

Itulah alasan mengapa kadang di FYP TikTok, sebagian besar videonya menggunakan musik yang sama atau yang genrenya tidak jauh berbeda. Tidak heran platform berbagi video ini terus menambahkan daftar musik yang bisa kamu gunakan pada video kamu tanpa khawatir terkena copyright.

6. Posting di Saat Prime-Time

Jam FYP TikTok Agar Viral dan Masuk FYP

Apa itu prime-time? Sebagaimana yang I Have Mind lansir dari IdeaBox, Ini adalah istilah waktu ketika pengguna TikTok banyak yang sedang online dan aktif. Mengetahui waktu terbaik atau prime-time lalu memposting video di waktu tersebut merupakan langkah selanjutnya agar bisa masuk FYP dan viral di TikTok.

Logika ini sangat sederhana. Jika kamu memposting ketika sebagian besar orang sedang online, maka konten kamu berpeluang dijangkau dan dilihat lebih banyak orang. Dan semakin baik performa video kamu, maka akan semakin besar juga kesempatannya untuk difiturkan di FYP.

Sayangnya, tidak ada satu waktu terbaik secara universal untuk posting video di TikTok. Masing-masing lini bisnis dan tipe akun memiliki prime-time yang berbeda.

Meski begitu, tentu ada cara untuk mencari tahu waktu yang ideal bagi akun kamu. Caranya adalah dengan beralih ke akun pro yang bisa kamu lakukan melalui Pengaturan dan privasi > Kelola akun.

Dengan akun pro, kamu akan mendapatkan akses ke analisis data dan insight tentang para pengikut kamu, termasuk waktu ketika mereka sedang aktif dan sering berinteraksi. Setelah mengetahui data-data tersebut dan mendapatkan prime-time, kamu tinggal mengatur kalender dan memposting video di jam-jam krusial tersebut agar bisa masuk FYP.

7. Berkolaborasi dengan TikToker Lain

Kolaborasi di TikTok Agar Viral dan Masuk FYP

Cara FYP di TikTok dan viral untuk mendapatkan trafik organik yang terakhir adalah dengan berkolaborasi dengan pengguna lain. Ini merupakan cara yang sangat baik untuk menjalankan kampanye lintas promosi dan mendapatkan banyak audiens baru.

Apalagi, jika pengguna lain yang kamu ajak kolaborasi memiliki banyak konten yang sering masuk FYP, maka kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari viralnya video mereka. Tapi, pastikan bahwa TikToker lain yang akan kamu ajak kolaborasi masih memiliki keterkaitan dengan bidang bisnis atau tema akun TikTok kamu. Hal ini bertujuan untuk tetap fokus dan mempertahankan pengikut lama.

Dan biasanya, pengguna lain tidak akan mau diajak berkolaborasi jika kolaborasi ini tidak membawa keuntungan bagi mereka. Jadi, pastikan kamu juga menawarkan keuntungan yang tidak bisa mereka tolak! Sebuah win-win solution, bukan?

Nah itulah 7 marketing di TikTok secara organik dengan cara membuat konten yang berpeluang viral dan masuk FYP. Jadi, cara mana yang kiranya kamu coba terlebih dahulu?

Nanas Brucke Hi! Salam kenal, panggil aku Nanas Brucke. Aku aktif menulis di situs I Have Mind.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.