Waktu adalah hal paling berharga yang kita miliki dalam hidup, karena ia tidak pernah bisa didaur ulang, tidak pernah bisa kita refill. Waktu yang telah berlalu akan mutlak hilang.

Waktu adalah hal yang sederhana, teorinya kita dapat mengontrol waktu kita sendiri tapi pada prakteknya waktu adalah suatu hal yang sangat complex, sering kali kita tidak dapat mengontrol waktu semudah teorinya, tidak sengaja menonton video antah berantah di sosmed dan keterusan, terlalu banyak bermain hingga kehilangan waktu untuk berkembang dan akhirnya waktu kita menjadi sangat murah.

Waktu tidak dapat dibeli? Bisa!

Jangan bilang waktu itu tidak dapat dibeli, kita bekerja setiap hari pada dasarnya adalah menjual waktu. Ada yang menjual waktunya dengan sangat mahal dan ada yang menjual waktunya dengan sangat murah. dan btw mahal dan murah bagi saya bukan soal uang, sebagai contoh para koruptor adalah orang yang menjual waktunya dengan sangat murah karena telah menukar hakikatnya sebagai manusia dengan uang, manusia itu baik dan kebaikan itu adalah kemewahan, koruptor itu miskin hingga tiada lagi kemewahan yang ia miliki.

Dan btw awalnya saya memang berniat menulis tentang waktu, tapi bukan tentang waktu yang berkorelasi dengan koruptor, tapi ya sudahlah dari pada gak nulis-nulis.